Selamat datang di blog kami! Selamat menikmati aktivitas yang kami tuangkan dalam bentuk tulisan. Bila ada pertanyaan seputar aktivitas kami, silakan kirim ke alamat email kami: sekretkasihbangsa@gmail.com. Kunjungi pula situs kami di https://ykbs.or.id - Terima kasih...

Rabu, 16 Juli 2014

Bahagia itu Sederhana



Bahagia itu sederhana, tidak perlu apapun, cukup berkumpul, bermain, dan berkomunikasi, itu sudah membuat bahagia.

Kalimat di atas adalah hasil refleksi saya saat saya berkesempatan mengikuti kegiatan anak-anak di kampung Tales dan kampung Bendul, dampingan Sanggar Merah Merdeka (SMM). Anak-anak yang saya temui di Tales dan Bendul, sangat ramah dan terbuka dengan kedatangan kami. Tidak ada rasa canggung yang kami terima dari anak-anak terhadap kami yang baru datang ketika berkumpul dan bermain dengan mereka.. Dengan rasa bahagia, kami berbaur dalam setiap permainan dengan anak-anak.


Saya semakin merasa bahagia ketika memperoleh kesempatan untuk mengikuti kegiatan bakti sosial pengobatan gratis yang diadakan SMM pada bulan November 2013. Peran saya dengan teman-teman di bagian tensi. Berperan di bagian tensi, maka saya dapat mendengarkan keluhan rasa sakit yang dirasakan masyarakat sekaligus bisa memberikan sedikit informasi untuk mengurangi rasa sakit mereka.

Interaksi dengan ikut berkegiatan dan mengobrol baik dengan anak-anak maupun dengan pendamping SMM membuat saya dan teman-teman dapat memahami tentang hidup sehari-hari anak-anak ini. Saya semakin belajar bahwa bahagia itu tidak dapat diukur dengan imbalan apapun. Rasa bahagia yang saya temukan di wajah anak-anak menunjukkan ketulusan hati mereka untuk datang berkumpul dan bermain bersama kami. Hal yang paling utama adalah komunikasi yang intens untuk perkembangan anak-anak ini.

Oleh Sorta
( Mahasiswa STIKES Vincentius A. Paulo Surabaya).
Dimuat dalam buletin Fides Et Actio edisi No. 45, Maret 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar