Jaman ini ditandai dengan semakin canggihnya alat komunikasi. Orang menjadi lebih mudah berkomunikasi. Tapi menurut penilitian yang dilakukan oleh University of North Carolina tentang komunikasi di tempat kerja, menunjukkan hasil yang berbeda. Orang semakin mudah salah paham, sehingga terjadi perselisihan. Orang menjadi lebih kasar dan tidak peka terhadap sesamanya. Akibatnya kerja sama tidak berjalan dengan baik, padahal dalam sebuah perusahaan dibutuhkan kerja sama untuk mencapai tujuan.
Komunikasi yang baik dapat menumbuhkan saling percaya yang sangat penting dalam
kerja sama di semua bidang. Tapi karena orang berpikir tentang efektif dan
efesien maka komunikasi dilakukan melalui internet, SMS, telepon dan alat lainnya.
Dalam menggunakan bahasa pun orang berusaha sesingkat mungkin, maka muncul
istilah LOL, OTW, BTW, q, dan sebagainya. Kalimat yang singkat dapat ditangkap
berbeda sehingga menimbulkan salah duga dan menghilangkan perasaan. Komunikasi
menjadi kering, kurang sopan santun, kurang ada seni untuk mendengarkan dan
lainnya.
Alat komunikasi dapat menghilangkan kemanusiaan, sebab orang tidak menangkap
perasaan yang terungkap dalam ekspresi wajah dan gerakan tubuh. Jika kita
mendengarkan orang menceritakan lelucon maka kita tertawa. Temanmu pun senang
melihat kegembiraan kita. Tapi bila melalui SMS atau WA maka kita hanya menulis
LOL dan temanpun tidak menangkap ekspresi kebahagiaan kita, sehingga cerita
lucu pun menjadi kering dan membosankan. Kita pun menjadi kehilangan rasa
komunikasi.
Oleh : Rm. Yohanes Gani CM
Dimuat dalam buletin Fides Et Actio edisi No.121, Juli thn 2020
Tidak ada komentar:
Posting Komentar