Selamat datang di blog kami! Selamat menikmati aktivitas yang kami tuangkan dalam bentuk tulisan. Bila ada pertanyaan seputar aktivitas kami, silakan kirim ke alamat email kami: sekretkasihbangsa@gmail.com. Kunjungi pula situs kami di https://ykbs.or.id - Terima kasih...

Kamis, 17 Oktober 2024

PELAJARAN DARI MENGIKUTI TEMU KAUM MUDA VINSENSIAN (TKMV) 2024 DI MALANG

Salam kenal. Perkenalkan nama saya Antonius Melinduan Yabarmase. Saya adalah salah satu relawan YKBS Surabaya. Saya akan membagikan kesan Pengalaman pertama saya selama mengikuti acara Temu Kaum Muda Vinsensian (TKMV) 2024 yang dilaksanakan pada tanggal 14-16 September 2024 di SMAK Santa Maria Malang. Saya akan mulai dari awal saya berangkat tanggal 13 September bersama relawan YKBS yang lainnya dari jl simo pomahan jam 17:00 menggunakan mobil dan kami tiba di Malang pukul 19.30, dan setelah sampai kami membantu para panitia di Malang untuk mempersiapkan acara TKMV.

 

Dan keesokan harinya hari Sabtu, 14 - 09 - 2024 saya melakukan registrasi di SMAK SANTA MARIA MALANG jam 11.00 di mana saya dan teman teman lainnya disambut dengan hangat oleh para panitia. Setelah itu kami di suruh menunggu karena acaranya akan di mulai jam 15.00 WIB

 


Awalnya saya merasa gugup karena ini adalah pertama kalinya saya mengikuti acara TKMV dan ingin mencari pengalaman baru saya di acara ini. Waktu acaranya mau dimulai saya pikir ini akan sulit bagi saya karena saya orang yang tertutup. Tapi pas acaranya berjalan dari awal sampai akhir saya merasa ini sangat seru… dan menyenangkan karena bisa bertemu dengan teman-teman baru, pengalaman baru, serta berbagai hal-hal seru lainnya. Apalagi saat melakukan kegiatan eksposure, saya dan kelompok saya ditempatkan di pasar Mergan dimana tujuan dari kegiatan eksposure adalah membantu para orang orang miskin atau orang-orang yang tertindas dan bagaimana cara kita dalam merasakan apa yang mereka rasakan, menjadi teman mereka, berbagi cerita dan menghibur mereka dengan hal-hal kecil.

 


Dari acara TKMV tersebut saya belajar banyak hal mulai dari keberanian untuk berbicara, keberanian untuk membantu sesama yang membutuhkan, keberanian untuk membuka diri, peduli pada hal-hal di sekitar kita seperti di rumah, di tempat kerja maupun di tempat-tempat yang kita datangi seperti apa yang dilakukan oleh santo Vinsensius saat masih hidup dan juga menjadi contoh arti dari tema TKMV yaitu Surgito In Actio  atau bertindak dalam aksi.

 

Oleh : Antonius Melinduan Yabarmase

Tidak ada komentar:

Posting Komentar