Selamat datang di blog kami! Selamat menikmati aktivitas yang kami tuangkan dalam bentuk tulisan. Bila ada pertanyaan seputar aktivitas kami, silakan kirim ke alamat email kami: sekretkasihbangsa@gmail.com. Kunjungi pula situs kami di https://ykbs.or.id - Terima kasih...

Jumat, 12 Oktober 2018

Evaluasi dan Refleksi “Keterlibatan Para Relawan dalam Gempa Bumi di Lombok”


Pada tanggal 6 dan 7 Oktober 2018 yang lalu, Solidaritas Relawan Kemanusiaan (SRK) mengadakan evaluasi dan refleksi atas keterlibatan para relawan dalam masa tanggap darurat gempa bumi di Lombok. Acara diadakan di gubug Lazaris, Pare – Kediri dihadiri oleh 45 orang relawan dari berbagai tempat : Pare, Kediri, Blitar, Garum, Ponorogo, Trenggalek, Porong, Lombok dan Surabaya.

Hari pertama, dengan dipandu oleh Rm. Novan CM digunakan untuk mengevaluasi keterlibatan SRK dan jaringan kerja, baik itu yang dilakukan di Lombok maupun yang dilakukan juga di Surabaya. Ada berbagai kesulitan yang dialami oleh teman-teman relawan di Lombok misalnya pada tahap awal kedatangan, kesulitan untuk mencari tempat yang dapat digunakan untuk posko, sulitnya mencari bahan pangan dan air minum untuk dibeli, beberapa relawan kesulitan mengisi form-form assessment dan cenderung membuat form tersendiri, dan banyak lagi kesulitan yang dihadapi. Yang menyenangkan adalah ada banyak pihak yang bergabung dan bekerja sama dengan SRK untuk melayani banyak hal : pelayanan medis, trauma healing, assessment dan distribusi logistik, pembagunan fasilitas umum, dan lain-lain.


Pada bagian refleksi, dipandu oleh Rm. Parno CM, para relawan mengungkapkan banyak hal baik yang mereka dapatkan selama terlibat dan berproses. Ada yang merasa malu karena ketika membantu penyintas, malah mereka mendapatkan pelajaran berharga dari para penyintas. Mereka menemukan nilai-nilai yang berguna bagi diri mereka yakni nilai solidaritas, kerjasama, gotong royong yang diperlihatkan oleh para penyintas. Sesama relawan satu dengan yang lain saling belajar supaya pelayanan kepada penyintas menjadi lebih efektif. Dan... banyak nilai-nilai lain yang didapatkan oleh para relawan.


Esok paginya, para relawan mendiskusikan tindak lanjut karya pelayanan untuk Lombok. Teman-teman dari Lombok : Jose, Dede dan Anis menceritakan kondisi terakhir Lombok sejak teman-teman relawan yang dari Jawa kembali ke Jawa. Jose dan Dede masih menindaklanjuti karya pelayanan disana dan mengunjungi daerah-daerah yang pernah dilayani oleh SRK. Mereka berdua juga menjalin kerjasama dengan kelompok-kelompok lain yang ada di Lombok seperti Gusdurian Lombok untuk tetap membantu para penyintas yang sampai saat ini masih memerlukan bantuan dan perhatian.

Dari diskusi pagi itu, disepakati bahwa sampai tiga bulan ke depan, SRK masih terlibat dalam pelayanan di Lombok. Teknisnya seperti apa masih akan dibicarakan lebih lanjut.


Koordinasi untuk Merespon Gempa dan Tsunami Sulawesi Tengah (Palu, Sigi, Donggala)

Dalam waktu dekat, akan ada 4 orang yang berangkat ke Palu untuk melakukan rapid assessment disana. Mereka akan berada disana minimal 2 minggu dan melaporkan kepada teman-teman di Surabaya apa-apa saja yang mereka temukan disana.

Demikian gambaran singkat acara evaluasi dan refleksi keterlibatan para relawan dalam gempa bumi Lombok dan juga rencana keterlibatan dalam gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar