Selamat datang di blog kami! Selamat menikmati aktivitas yang kami tuangkan dalam bentuk tulisan. Bila ada pertanyaan seputar aktivitas kami, silakan kirim ke alamat email kami: sekretkasihbangsa@gmail.com. Kunjungi pula situs kami di https://ykbs.or.id - Terima kasih...

Kamis, 25 Oktober 2018

Update Keterlibatan SRK Dalam Tanggap Bencana Gempa Bumi dan Tsunami di Palu, Donggala dan Sigi


Sejak keberangkatan tim rapid assessment (RA) pada tanggal 11 Oktober 2018 ke Palu, tim SRK di Surabaya mengalami kesulitan untuk kontak dengan mereka karena pada saat itu, infrastruktur komunikasi masih belum pulih. Listrik masih belum menyala dan sinyal HP timbul tenggelam, bahkan kadang tidak ada sinyal sama sekali. Sehingga tim SRK yang di Surabaya mengalami kesulitan untuk memberikan update terkini tentang kondisi penyintas disana dan juga kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh tim RA. Pada saat-saat tertentu ketika mereka melakukan assessment dan mendapatkan sinyal, mereka baru dapat memberikan foto-foto kondisi disana dan apa saja yang sudah mereka lakukan. Saat ini sarana komunikasi sudah mulai pulih, meski kadang sinyal HP masih timbul tenggelam.


Berikut ini beberapa foto yang dikirimkan oleh tim RA yang sudah berada disana sejak tgl. 11 Oktober 2018. Catatan lengkap dari tim RA akan kami update di lain waktu.

17 Oktober 2018 : Koordinasi dengan warga untuk pembentukan posko dusun 1, desa Salua, Kec. Kulawi, Kab. Sigi. 
Motto posko bersama : dari warga, oleh warga dan untuk warga




18 Oktober 2018 : Warga membangun posko dengan swadaya. Seluruh material posko berasal dari pinjaman atau pemberian dari warga sendiri. 18 orang warga dengan semangat membangun posko yang juga akan digunakan untuk menyimpan barang bantuan.
Persiapan tali rotan


membuat rangka tenda

ikat pakai tali rotan

rangka mulai terbentuk

pasang papan untuk taruh logistik



bersihkan papan dari bejas gergajian
penutup samping pakai seng

istirahat sambil ngopi

pasang terpal

posko sudah siap tampung logistik

19 Oktober 2018 : warga belajar mengisi form distribusi



20 Oktober 2018 : Distribusi logistik. Warga satu satu di panggil oleh Pak koordinator, diberi pengarahan langsung ke warga ttg apa saja; ttg srk, tertib administrasi dll.

Jumlah paket masih terbatas karena masih sulitnya mendapatkan barang-barang yang diperlukan. Item paket pada saat ini adalah kebutuhan yang mendesak pada saat itu, yakni :
-         Beras 3 gayung
-         Minyak goreng 1 liter
-         Gula 500 gram
-         Garam 250 gram



bersambung...
 
Laporan dari : Lasmidi dan Edo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar