Selamat datang di blog kami! Selamat menikmati aktivitas yang kami tuangkan dalam bentuk tulisan. Bila ada pertanyaan seputar aktivitas kami, silakan kirim ke alamat email kami: sekretkasihbangsa@gmail.com. Kunjungi pula situs kami di https://ykbs.or.id - Terima kasih...

Senin, 19 November 2018

Distribusi Logistik ke Dusun Lalere


Pada tanggal 11 Nopember 2018, relawan posko Palu dan posko Salua mengadakan assessment ke Lalere. Setengah perjalanan ditempuh dengan ojek sepeda motor, diteruskan dengan jalan kaki. Jalur menuju lokasi adalah jalan setapak melintasi padang ilalang, kebun kakao, hutan enau. Lokasi agak terpencil karena akses jalan yang buruk. Beberapa kali rombongan assesment beristirahat karena medan naik turun dan licin. Waktu tempuh ke dusun Lalere ini bila berjalan kaki bisa menghabiskan sekitar 2-3 jam.

Lalere adalah nama dusun. Tetapi secara teritorial, Lalere adalah lokasi tingkat Rukun tetangga tepatnya rt 04 Dusun 1 desa Tuwa.

Secara geografis, Lalere terletak di lembah dengan aliran sungai yang mengalir sepanjang tahun. Potensi longsor dan bencana banjir menjadi ancaman tersendiri. Awalnya mereka biasa tinggal di pondok panggung di atas pohon. Tapi sekarang mereka sudah menetap di rumah permanen dataran karena mendapat bantuan perumahan Komunitas Adat Terpencil (KAT).

Komunitas itu hanya memiliki 2 orang yang tamat sekolah dasar. Anak-anak tidak ada yang sekolah. Dari kecil mereka sudah bekerja mencari rotan, ijuk dan merawat kakao.

Kebanyakan mereka sangat terbatas dalam berbahasa Indonesia, sementara bahasa mereka juga berbeda dengan suku terdekat. Beruntung ada pak Adison, warga lokal yang bisa berbahasa Indonesia dengan sangat baik.

Dari program KAT dibangunkan rumah pertemuan adat dan 2 unit WC umum. Tetapi fasum itu tidak berfungsi. WC umum tidak berfungsi karena mereka lebih suka melakukan kegiatan mck di sungai.

Tanggal 13 Nopember 2018 tim SRK Salua membeli logistik untuk dusun Lalere. Rencana distribusi logistik untuk dusun Lalere akan dilaksanakan pada hari Minggu tgl. 18 Nopember 2018 dengan paket masing-masing berisi : 25 kg beras, 5 kg gula, 5 liter minyak goreng dan 1 kg garam.

Berikut ini beberapa gambar kegiatan yang dilakukan oleh tim SRK di dusun Lalere :

Assessment ke dusun Lalere



























Tiba di dusun Lalere


bersama anak di dusun Lalere

mengobati luka yang diderita anak-anak Lalere

Pembelian Logistik untuk dusun Lalere















Distribusi logistik ke dusun Lalere dengan menggunakan ojek













berdoa bersama sebelum ke Lalere krn medan yg berat


siap meluncur

Narasi : Lasmidi (korlap SRK)
Foto : tim SRK Salua dan Palu



Tidak ada komentar:

Posting Komentar