Selamat datang di blog kami! Selamat menikmati aktivitas yang kami tuangkan dalam bentuk tulisan. Bila ada pertanyaan seputar aktivitas kami, silakan kirim ke alamat email kami: sekretkasihbangsa@gmail.com. Kunjungi pula situs kami di https://ykbs.or.id - Terima kasih...

Jumat, 20 Juni 2014

Tidak Mudah, Namun Tidak Sulit Juga…

Helen berhasil membujuk anak untuk mau periksa gigi…


Perkenalkan saya Halena Stephanie, dan biasa dipanggil Helen. Bergabung di Sanggar Merah Merdeka memang bukan yang pertama kalinya bagi saya, karena ini adalah yang ke-2 kalinya bagi saya bergabung di Sanggar Merah Merdeka. Pertama kali saya bergabung pada tahun 2012 karena adanya tugas dari salah satu dosen dan itupun hanya beberapa bulan saja. Barulah tahun 2013 akhir ini, saya kembali ke Sanggar Merah Merdeka. Sebenarnya ada banyak sanggar, namun saya kembali memilih Sanggar Merah Merdeka karena pengalaman 2012 kemarin cukup menyenangkan. Anak-anak yang ramah, mudah untuk dekat dengan orang asing, dan tidak merasa adanya perbedaan dengan siapapun menjadi daya tarik tersendiri.


Hingga saat ini cukup banyak kegiatan yang saya lalui dengan anak-anak, dan tentu saja semuanya menyenangkan. Namun dari berbagai kegiatan ada satu kegiatan yang belum pernah saya ikuti sebelumnya yaitu kegiatan Bakti Sosial (BAKSOS) pengobatan gratis (tanggal 17 November 2013). Dalam kegiatan ini tak hanya relawan saja yang membantu, namun beberapa anak juga turut membantu pelaksanaan acara. Dengan targetnya adalah masyarakat sekitar termasuk anak-anak yang biasa saya temani. Sebagian besar anak-anak memiliki masalah dengan gigi mereka, namun tak semuanya berani ke dokter gigi. Disini para relawan (termasuk saya) yang akan membujuk anak-anak agar mau diperiksa dan tentu saja menemani anak-anak yang mendapatkan tindakan dari dokter gigi. Memang tidak mudah membujuk anak-anak tersebut, namun bukan hal yang sulit pula.

Dalam menghadapi anak-anak, tidak harus dengan omelan atau ancaman, namun ada cara-cara khusus untuk berkomunikasi anak-anak. Maka dari itulah dapat dikatakan jika melalui berbagai kegiatan bersama Sanggar Merah Merdeka, saya belajar mengenai banyak hal dan terutama sabar dalam menghadapi anak-anak. Menikmati tiap saat yang dilakukan bersama anak-anak maupun dengan relawan, maka barulah akan terasa nilai-nilai positif yang dapat diambil oleh para relawan dan terutama saya.

oleh Halena Stephanie
dimuat dalam buletin Fides Et Actio no. 44, Pebruari 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar